Kamis, 17 Oktober 2013

analisis program KB di indonesia

ILMU SOSIAL DASAR



logo_gunadarma1.jpg




Nama/                            : Ardhi Kusuma Latief 
NPM                                :  31412033
Klelas                              : 2 ID08
Mata Kuliah  : Ilmu Sosial Dasar


FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG
 2013





Analisis Tentang Sistem Keluarga Berencana

Sistem  keluarga berencana sangat penting dalam kehidupan manusia, hal tersebut bukan semata-mata dilihat dari sistem  KB tersebut melainkan laju peningkatan penduduk yang semakin tinggi, maka sistem KB juga berperan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Peningkatan laju penduduk di Indonesia dewasa ini kurang menggembirakan.
Demikian pun di masa yang akan datang. Tanpa adanya usaha-usaha pencegahan pencegahan perkembangan laju peningkatan penduduk yang pesat, usaha-usaha di bidang pembangunan ekonomi dan sosial yang telah dilaksanakan dengan maksimal akan tidak bermanfaat.
Apakah penerapan sistem Keluarga Berencana sudah berhasil dalam pelaksanaannya?
Menurut saya, penerapan sistem Keluarga Berencana di Indonesia bisa dikatakan belum berhasil, karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti tentang manfaat dan tujuan dari progaram KB tersebut, sebab sebagian rakyat pinggiran di ibu kota mengatakan “anak itu mendatangkan rezeki”. Maka dari tanggapan seperti itu adalah pemikiran baru untuk menjelaskan ke masyarakat apa sih tujuan dari program KB yang menguntungkan bagi yang melaukan program tersebut ? ini yang harus di pecahkan agar masyarakat pun mengerti apa manfaat dan tujuan dari program KB tersebut.

Kesimpulan

Program Keluarga berencana (disingkat KB) adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Itu bermakna adalah perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat- alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar